TUGAS 2


ARTIKEL TIPS BERBELANJA ONLINE
          Online shop yang mulai dikenal masyarakat dunia sekarang ini memudahkan dalam aktifitas transaksi secara virtual di depan media elektronik berbasis komputerisasi modern. Belanja secara online tidak membatasi usia pelaku transaksi tersebut. Adapun beberapa hal penting yang perlu dipahami dalam berbelanja secara online seperti berikut :
  • Kenali Barang dan Jasa
Ketika ingin membeli barang dan jasa yang diperjual belikan di online shop, perhatikan secara keseluruhan spesifikasi yang diiklankan tersebut. Apakah sudah sesuai dengan yang ada pada website resmi produk atau jasa maupun layanan tersebut. Biasakan membaca secara detil dan jangan lewatkan pesan penting baik kekurangan dan kelebihan yang ada. Karena barang belum tentu baru dan jasa belum tentu full service.
  • Kenali Pembeli dan Penjual
Pembeli dan Penjual seperti halnya ‘kawin’, karena melakukan perjanjian ‘deal’ mengenai apa yang dijual sesuai dengan kesepakatan bersama pembeli menyediakan budget dan penjual menyediakan barang atau jasa. Ketika kedua belah pihak sepakat, biasanya berkomunikasi secara langsung by phone maupun chating di media social , sedangkan pembeli harus sudah melakukan langkah di atas, dan sebagai penjual sudah memastikan keinginan pembeli sesuai dengan apa yang disediakan.
  • Pahami Media Informasi
Online shop berkaitan langsung dengan antarmuka di dunia maya, di media yang berkomputerisasi modern para pembeli dan penjual berada pada jendela browser maupun aplikasi yang sudah menjamur di smartphone dan tablet sehingga saat outdoor informasi mudah didapat biasanya melakukan pembayaran di tempat yang dijanjikan atau disepakati untuk mengecek barang atau jasa yang diiklankan.
  • Pahami Sistem Pembayaran
Pembayaran online shop sering mengalami masalah karena banyak praktik penipuan, dan akhirnya merugikan nama baik penyedia layanan online shop itu sendiri, biasanya suatu website. Namun kini ada pembayaran melalui pihak ketiga dimana sebagai rekening bersama untuk kenyamanan transaksi jarak jauh apabila tidak dapat melakukan pembayaran secara tatap muka. Apabila melakukan pembayaran delivery ke rumah pastikan mengetahui identitas counter jasa pengriman, pastikan untuk adanya konfirmasi perihal transaksi yang dimaksud ada.

TUGAS 1


C. Sebutkan macam-macam komputasi modern
     Komputasi modern mempunyai 3 macam, yaitu :
1)   Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
              Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel

2)   Grid Computing
           Komputasi grid memanfaatkan kekuatan pengolahan idle berbagai unit komputer, dan menggunakan kekuatan proses untuk menghitung satu pekerjaan.

3)   Cloud Computing atau Komputasi Awan      Cloud computing adalah perluasan dari konsep pemrograman berorientasi objek abstraksi. 

TUGAS 1


B. Sejarah Komputasi
Pada tahun 1613 muncullah penggunaan kata “komputer” pertama kali. Yang menggambarkan sebuah mesin yang dapat melakukan perhitungan yang lebih kompleks. Komputasipun mulai berkembang seiring perkembangan komputer. Perkembangan komputer tersebut dapat dilihat dari hal-hal berikut:
·         Tahun 1940 komputer yang semula dikhususkan sebagai instrument untuk science, berubah menjadi produk komersil.
·         Tahun 1945 di temukan Bug Komputer oleh Grace Murray Hopper
·         Tahun 1947 tanggal 23 Desember ditemukan transistor yang pertama kali oleh Bardeen dan Walter Brattain bersama dengan William Shockley
·         Tahun 1951 dimulai sebuah gagasan microprogramming oleh Maurice Wilkes
·         Tahun 1951-1952 Grace Murray Hopper mengembangkan A-O, yang merupakan compiler pertama.
·         Tahun 1957 John Backus dan kolega IBM mengirimkan Compiler Fortran yang pertama.
·         Tahun 1958 Jack Kilby menghasilkan prototype semiconductor IC
·         Tahun 1960 merupakan timbulnya system kecil seperti word length, register structure, Number of Addresses, I/O channel, Floating point hardware, dan juga Paul Baran yang bekerja di Rand Corp. menemukan dasar packet switching untuk data komunikasi.
·         Tahun 1962 video game pertama kali di temukan oleh Steve Russell yang merupakan seorang lulusan MIT.
·         Tahun 1964 mouse ditemukan oleh Doug Engelbart.
·         Tahun 1969 munculnya internet oleh DARPA
·         Tahun 1970 merupakan kedatangan PC (personal computer), dan ditemukan UNIX oleh Dennis Ritchie dan Kenneth Thomson, lalu juga floppy disk dan daisywheel printer di tunjukkan kepada umum (debut pertama).
·         Tahun 1971 Ray Tomlinson of Bolt Beranek dan Newmen pertama kali mengirimkan jaringan surat e-mail dan Niklaus Wirth menemukan Pascal
·         Tahun 1972 di temukan bahasa C oleh Dennis Ritchie di Bell Labs.
·         Tahun 1973 Robert Metcalfe menuliskan catatan di “Ether Acquisition” yang mendeskripsikan Ethernet, dan Robert Metcalfe dan David Boggs menemukan Ethernet.
·         Tahun 1976 merupakan tahun pertama kalinya muncul supercomputer dengan vektorial arsitektur dan Steve Jobs dan Steve Wozniak mendesain dan membangun Apple I yang terdiri dari kebanyakan papan circuit.
·         Tahun 1977, Steve Jobs dan Steve Wozniak tergabung dalam Apple computer pada 3 januari.
·         Tahun 1978, Muncul MS, dan Wordstar yang merupakan software pengolah kata diperkenalkan dan meluas.
·         Tahun 1979 telepon seluler di test di Jepang dan Chicago.
·         Tahun 1980 IBM memilih PC-DOS dari Microsoft sebagai OS (Operating System) dan bahasa Ada muncul yang di temukan oleh Departemen Pertahanan US, dan portable computer seberat 24 pounds lahir.
·         1 januari 1983, muncul TCP/IP
·         Tahun 1984, muncul Apple Macintosh dan muncul DNS
·         Tahun 1985 menyebarnya sistem networking.
·         Tahun 1990 tim Barners Lee Menemukan WWW yaitu aplikasi internet yang membawa perkembangan dan perubahan besar di dunia internet.
·         Tahun 1991 Trovalds menempatkan UNIX di IBMnya.
·         Tahun 1992 muncul istilah surfing
·         Tahun 1993 pentium milik intel diperkenalkan kepada umum pada bulan Maret dan muncul NSCA Mosaic
·         Tahun 1994 muncul Yahoo dan Netscape Navigator 1.0
·         Tahun 1995 muncul bahasa pemrograman Java pada bulan Mei.
·         Pada Desember 1994 maka Spyglass milik Microsoft telah dibayar dan diberi lisensi, sehingga untuk web browser yang nantinya nama spyglass tersebut akan diganti dengan nama Internet Explorer.
·         Pada 1995 spyglass sudah menjadi bagian dari OS dan bagian dari windows

TUGAS 1


  1. Buat atau cari artikel tentang komputasi modern!
    JOHN VON NEUMANN, SANG PENGGAGAS KOMPUTASI MODERN
        John von Neumann (1903-1957) adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Dalam hidupnya yang singkat, Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann meningkatkan karya-karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.       
            Von Neumann dilahirkan di Budapest, Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Setelah bergelar doktor dalam ilmu hukum, dia menjadi pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.
         
            Von Neumann juga belajar di Berlin dan Zurich dan mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
                Setelah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton serta menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.
           Dipicu ketertarikannya pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

    Sumber :
    beritaNET.com
    Kelebihan dan kekurangan artikel ini ialah terletak pada topik yang hangat untuk mengenal sosok Neumann sang penggagas komputasi modern dahulu kala, dan yang menjadi hal yang kurang adalah apa yang menjadi alas an bagaimana komputasi modern yang ditemukan masih digunakan hingga saat ini