TUGAS 2

16.36


ARTIKEL TIPS BERBELANJA ONLINE
          Online shop yang mulai dikenal masyarakat dunia sekarang ini memudahkan dalam aktifitas transaksi secara virtual di depan media elektronik berbasis komputerisasi modern. Belanja secara online tidak membatasi usia pelaku transaksi tersebut. Adapun beberapa hal penting yang perlu dipahami dalam berbelanja secara online seperti berikut :
  • Kenali Barang dan Jasa
Ketika ingin membeli barang dan jasa yang diperjual belikan di online shop, perhatikan secara keseluruhan spesifikasi yang diiklankan tersebut. Apakah sudah sesuai dengan yang ada pada website resmi produk atau jasa maupun layanan tersebut. Biasakan membaca secara detil dan jangan lewatkan pesan penting baik kekurangan dan kelebihan yang ada. Karena barang belum tentu baru dan jasa belum tentu full service.
  • Kenali Pembeli dan Penjual
Pembeli dan Penjual seperti halnya ‘kawin’, karena melakukan perjanjian ‘deal’ mengenai apa yang dijual sesuai dengan kesepakatan bersama pembeli menyediakan budget dan penjual menyediakan barang atau jasa. Ketika kedua belah pihak sepakat, biasanya berkomunikasi secara langsung by phone maupun chating di media social , sedangkan pembeli harus sudah melakukan langkah di atas, dan sebagai penjual sudah memastikan keinginan pembeli sesuai dengan apa yang disediakan.
  • Pahami Media Informasi
Online shop berkaitan langsung dengan antarmuka di dunia maya, di media yang berkomputerisasi modern para pembeli dan penjual berada pada jendela browser maupun aplikasi yang sudah menjamur di smartphone dan tablet sehingga saat outdoor informasi mudah didapat biasanya melakukan pembayaran di tempat yang dijanjikan atau disepakati untuk mengecek barang atau jasa yang diiklankan.
  • Pahami Sistem Pembayaran
Pembayaran online shop sering mengalami masalah karena banyak praktik penipuan, dan akhirnya merugikan nama baik penyedia layanan online shop itu sendiri, biasanya suatu website. Namun kini ada pembayaran melalui pihak ketiga dimana sebagai rekening bersama untuk kenyamanan transaksi jarak jauh apabila tidak dapat melakukan pembayaran secara tatap muka. Apabila melakukan pembayaran delivery ke rumah pastikan mengetahui identitas counter jasa pengriman, pastikan untuk adanya konfirmasi perihal transaksi yang dimaksud ada.

You Might Also Like

0 komentar