2.C


Bidang terkait bioinformatika

Biophysics, Adalah sebuah bidang  interdisipliner  yang mengalikasikan teknik-teknik dari ilmu Fisika untuk memahami struktur dan fungsi biologi (British Biophysical Society). Disiplin ilmu ini terkait dengan Bioinformatika karena penggunaan teknik-teknik dari ilmu Fisika untuk memahami struktur membutuhkan penggunaan TI.

Computational Biology, merupakan bagian dari Bioinformatika (dalam arti yang paling luas) yang paling dekat dengan bidang Biologi umum klasik. Fokus daricomputational biology adalah gerak evolusi, populasi, dan biologi teoritis daripada biomedis dalam molekul dan sel.

Medical Informatics, “sebuah disiplin ilmu yang baru yang didefinisikan sebagai pembelajaran, penemuan, dan implementasi dari struktur dan algoritma untuk meningkatkan komunikasi, pengertian dan manajemen informasi medis.” Medical informatics lebih memperhatikan struktur dan algoritma untuk pengolahan data medis, dibandingkan dengan data itu sendiri. Disiplin ilmu ini, untuk alasan praktis, kemungkinan besar berkaitan dengan data-data yang didapatkan pada level biologi yang lebih “rumit”.

Cheminformatics, adalah kombinasi dari sintesis kimia, penyaringan biologis, dan pendekatan data-mining yang digunakan untuk penemuan dan pengembangan obat (Cambridge Healthech Institute’s Sixth Annual Cheminformatics conference). Kemungkinan penggunaan TI untuk merencanakan secara cerdas dan dengan mengotomatiskan proses-proses yang terkait dengan sintesis kimiawi dari komponenkomponen pengobatan merupakan suatu prospek yang sangat menarik bagi ahli kimia dan ahli biokimia.

Genomics, adalah bidang ilmu yang ada sebelum selesainya sekuen genom, kecuali dalam bentuk yang paling kasar. Genomics adalah setiap usaha untukmenganalisa atau membandingkan seluruh komplemen genetik dari satu spesies atau lebih. Secara logis tentu saja mungkin untuk membandingkan genom-genom dengan membandingkan kurang lebih suatu himpunan bagian dari gen di dalam genom yang representatif.

Mathematical Biology, juga menangani masalah-masalah biologi, namun metode yang digunakan untuk menangani masalah tersebut tidak perlu secara numerik dan tidak perlu diimplementasikan dalam software maupun hardware.
Menurut Alex Kasman [KASMAN2004] Secara umum mathematical biologymelingkupi semua ketertarikan teoritis yang tidak perlu merupakan sesuatu yang beralgoritma, dan tidak perlu dalam bentuk molekul, dan tidak perlu berguna dalam menganalisis data yang terkumpul.

Proteomics, mendefinisikan proteomics berkaitan dengan: “studi kuantitatif dan kualitatif dari ekspresi gen di level dari protein-protein fungsional itu sendiri”. Yaitu: “sebuah antarmuka antara biokimia protein dengan biologi molekul”.

Pharmacogenomics, adalah aplikasi dari pendekatan genomik dan teknologi pada identifikasi dari target-target obat. Contohnya meliputi menjaring semua genom untuk penerima yang potensial dengan menggunakan cara Bioinformatika, atau dengan menyelidiki bentuk pola dari ekspresi gen di dalam baik patogen maupun induk selama terjadinya infeksi, atau maupun dengan memeriksa karakteristik pola-pola ekspresi yang ditemukan dalam tumor atau contoh dari pasien untuk kepentingan diagnosa (kemungkinan untuk mengejar target potensial terapi kanker).

Pharmacogenetics, adalah bagian dari pharmacogenomics yang menggunakan metode genomik/Bioinformatika untuk mengidentifikasi hubungan-hubungan genomik, contohnya SNP (Single Nucleotide Polymorphisms), karakteristik dari profil respons pasien tertentu dan menggunakan informasi-informasi tersebut untuk memberitahu administrasi dan pengembangan terapi pengobatan.

Sumber : CLICK DI SINI

Comment :
Kaitan yang begitu kompleks karena saling berkesinambungan. Disiplin ilmu yang sangat menganjurkan bahwa semua kaitan di atas perlu adanya penggunaan Tekis dari Informatika guna mencapai target tiap bidang. Teknik komputasi yang lebih cerdas perlu diciptakan guna bioinformatika yang lebih baik lagi.

2.B


Bioinformatika (artikel)

Penafsiran Pepesan Kosong

Bioinformatika adalah ilmu yang berkembang dengan sangat cepat. Publikasi ilmiah paling baru, yang kita baca hari ini, dalam hitungan bulan, bahkan minggu, akan segera menjadi out of dated. 
         Software dan pipeline yang ada, harus selalu dikembangkan secara berkelanjutan. Jika perangkat lunak dan keras yang ada, sudah tidak memadai, maka langkah paling logis selalu adalah complete overhaul untuk mengembangkan sesuatu yang sama sekali baru. 
         Bioinformatika bukanlah 'Holy Grail' yang bisa menyembuhkan semua penyakit. Di negeri barat, ada beberapa kasus tulisan sains populer, yang meramalkan penyembuhan penyakit mematikan, ternyata tidak terjadi.Ternyata ada kesalahpahaman antara akademisi dan pers, yang diakibatkan dari perbedaan interpretasi terhadap informasi yang ada. 
Hal tersebut mendorong pentingnya kerja sama yang optimal antara ilmuwan dan media massa, supaya tidak tergelincirnya informasi ilmiah menjadi pepesan kosong yang membingungkan publik. 
         Bioinformatika, sebagai ilmu yang sangat intensif dalam menghimpun informasi ilmiah, sudah seyogyanya dapat membantu memberi pencerahan kepada media, supaya publik mendapatkan informasi yang akurat, tanpa ‘overexaggeration’ (terlalu berlebihan).  

Pengambilan Kesimpulan dari Komputasi

Pengambilan keputusan berdasarkan komputasi sudah menjadi kegiatan sehari-hari pada berbagai bidang. Sebagai contoh, pada dunia bisnis dan penerbangan. Dalam dunia sekuritas, pengambilan keputusan untuk menjual atau membeli saham adalah berdasarkan prediksi. 
Sementara itu, dalam dunia penerbangan, ramalan cuaca sangatlah krusial untuk menentukan aktivitas penerbangan. Jika cuaca diramalkan memburuk (badai Es di negara empat musim, atau hujan badai di negeri tropis), maka bandara dapat dipertimbangkan untuk mengurangi aktivitasnya, atau penerbangan didivert ke lapangan terbang lain. 
Bioinformatika juga demikian. Ilmu ini bukanlah ilmu 'khayalan', yang berdiri di atas angan-angan belaka. Namun, bioinformatika telah bermanfaat untuk memberi masukan berguna bagi eksperimen biologis di dalam laboratorium. 

Dialektika Pemikiran & Kenyataan

Komulasi Ide-ide seyogyanya dituangkan dalam bentuk modeling, untuk mendapatkan kesimpulan. Bioinformatika mengambil inspirasi dari Teknik Arsitektur. Sebagaimana kita ketahui, seorang Arsitek menggambar blueprint sebuah design konstruksi. 
Bahkan bukannya tidak mungkin, desain para arsitek baru menjadi konstruksi riil di jauh hari kemudian. 
Bioinformatika tidak jauh berbeda dengan itu. Banyak hasil desain agen terapetik atau mekanisme biokimiawi bioinformatika baru dapat diuji di laboratorium kemudian, dan lebih lama lagi yang menjadi produk di pasaran. 
Namun, hal ini bukan berarti Bioinformatika tidak dapat berkontribusi sama sekali dalam dunia medis, pertanian, lingkungan, atau lainnya. Telah ada produk obat, vaksin, ataupun agen kesehatan lainnya yang telah beredar di pasar, yang proses produksinya dibantu oleh bioinformatika. 
Sewaktu ilmu bioinformatika mulai dipopulerkan pada tahun 80an, daya komputasi yang tersedia untuk mengolah data biologis masihlah terbatas. Saat itu, PC masih belum dapat mengolah data skala gen, apalagi genom. 
Sementara itu, Mainframe dan mini-computer hanya dapat diakses oleh kalangan tertentu saja. Constraint dalam daya yang tersedia, menjadikan pengolahan data skala besar hanyalah mimpi belaka. 
Di saat itu, Bioinformatika masih belum dapat menjembatani gap antara realita dan imajinasi. Apa yang dipikirkan oleh ilmuwan, dalam bentuk modeling biologis, masih belum dapat direalisir. 
Namun, semenjak pertengahan 90an, workstation telah dapat menyediakan daya komputasi yang cukup untuk mengolah gen dan bahkan genom. Modeling biologis yang dikonstruksi, bahkan telah dapat dilanjutkan dalam eksperimen biologis. 

Sumber : CLICK DI SINI

Comment :
Menyadari informasi yang ada selalu diupdate adalah penting, supaya tidak menghasilkan informasi yang salah atau palsu. Program studi 'science communication' di Universitas adalah solusi untuk itu, yang bertugas menjadikan design tersebut menjadi konstruksi  adalah TI, Hanya waktu yang dapat menjawab rekayasa biologis membantu kita dengan harapan signifikannya hidup manusia.

TUGAS 2


TUGAS 2
         Buat web dengan tema bebas menurut kaidah tertentu dan menjaga etika penulisan dan tema, seperti berikut artikel yang dibuat :

A.    TIPS Mencuci Kendaraan
·      Pilih waktu
Mencuci kendaraan sesuaikan dengan kegiatan. Apabila lebih padat aktifitas di pagi hari usahakan pencucian kendaraan di malam hari, apabila larut lebih baik menunda ke hari esok daripada memaksakan diri. Begitu sebaliknya jika padat kegiatan pada waktu malam hari.
·      Tentukan pencucian
Kendaraan tiap hari pasti melewati berbagai medan, apabila masih lewat perkotaan pencucian standar dengan sendiri masih lazim, namun ketika kendaraan sudah melawati medan yang sedikit maupun kotor sekali usahakan bawa kendaraan ke tempat khusus agar semua bagian kendaraan lebih bersih.
·      Teliti pencucian
Biasanya orang akan lupa dengan mencuci kendaraan yang tidak memperhatikan kendaraannya itu ada barang-barang penting. Usahakan pengecekan lebih dahulu, jangan sampai barang masih ada yang tertinggal di bagain kendaraan yang riskan dengan air sehingga bisa rusak., dan perhatikan bukan hanya bagian body melainkan mesin dan bagian penting lainnya.
·      Metode pencucian
Mencuci kendaraan seperti halnya membersihkan diri, dimulai dari yang paling kotor. Karena bagian tersebut sering terlupakan bahkan malas untuk dibershikan. Kendaraan mewujudkan penggunanya. Jadi kebersihan kendaraan penting bagi semua.
·      Metode pengeringan
Apabila mencuci di tempat terbuka, usahakan keringkan bagian yang materialnya terbuat dari kaca, dan semacamnya. Lalu keringkan bagian yang lebih terkena sinar matahari. Itu semua mencegah terjadinya jamur menimbun.
·      Penyelesaian
Setelah mencuci kendaraan, pahami kendaraan bagaimanapun kendaraan juga seperti makhluk hidup. Jangan paksa untuk nyalakan mesin dalam keadaan basah lalu memakainya karena mudah merusaknya. Lebih baik biarkan mesin kering lalu siapkan waktu ntuk memanaskan mesin kendaraan baru dipakai.

TUGAS 1

Nama : Wahyu Andhika
NPM   : 54409205
Kelas  : 4IA07

TUGAS 1
Cari web dengan penerapan komputasi modern. Beri  gambar dan penjelasan. Maka dari hal di atas akan dijelaskan berikut di bawah ini :

1.     WEB dengan komputasi modern kali ini adalah bidang jasa yaitu penerbangan salah satu perusahaan maskapai sebut saja Air Asia | WWW.AIRASIA.COM.
Perusahaan dengan web yang berkembang secara komputasi modern seperti berikut dalam tampilan awal web.
Pada gambar diatas yang diberi tanda merah merupakan langkah awal dalam pemesanan tiket online pesawat yang dimana user/pemesan tiket dapat mengisikan tanggal perjalanan, airport asal dan tujuan serta mengisi berapa banyak tiket yang akan dipesan.
Gambar ini merupakan langkah kedua dari pemesanan tiket online yang dimana pada tampilan website ini menampilkan informasi tentang rinician harga promo dan reguler, waktu penerbangan dan no pesawat.
Gambar ini merupakan tampilan web pemesanan tiket pesawat yang menampilkan informasi booking kepada pemesan tiket.
Gambar di atas merupakan tampilan web untuk tamu dimana setelah pengisian form tiket dan sudah menyutujui biaya pendaftaran dilanjutkan ke tahap memilih tempat duduk di pesawat secara online.

Dilanjutkan gambar di bawah ini akan masuk pada bagian pembayaran secara online dimana pada bagian berwarna merah adalah pengisian form mengenai pembayaran melalui akun kartu kredit kita. Namun bisa saja menggunakan debit jadi melalui m-banking atau e-banking.




Setelah itu apabila kita berhasil dalam pembayaran akan diberikan e-shoot tiket penerbangan tersebut.

Sumber : CLICK DI SINI

2.     Jadi, karena saya sudah pernah menggunakan web ini sebelumnya. Maka kelebihan web ini adalah sangat user friendly, interface mudah dalam user atau tidak membingungkan, namun kekurangan web ini  adalah bagian security yang terlalu ketat sehingga waktu menggunakan web ini jangan sampai freeze atau tidak melakukan aktifitas apapun, web akan segera close page.